Wednesday, December 5, 2012

[How To]Cara memindahkan data wordpress hosting anda ke hosting lain.

Pernah anda pindah rumah / kosan? pasti ribet yah angkut-angkut barangnya dari rumah lama ke rumah yang baru. Begitu juga dengan berpindah hosting yang di ibaratkan seperti rumah atau mungkin kantor kita di dunia maya. Ini langsung dari pengalaman saya saat ad troubel dengan hosting yang awal .

Mari kita mulai cara untuk memindahkan hosting dengan situs/web yang berbasis wordpress ini  ke hosting yang baru.


1. Tentu harus login/ masuk ke cpanel kamu (kalau hostingnya pakai cpanel) "webkamu.com/cpanel"



2. Pilih menu backup yang ada di bagian "FILES"



3. Pilih yang "Home Directory" untuk mendownload semua data wordpress kamu.



4. Seteleah terdownload semua directory kita, jangan lupa hal yang paling penting berikutnya adalah "DATABASE" dari situs kamu yang berada di hosting kamu tersebut agar semua data posting user dll yang di situs kamu tidak hilang. Masih pada menu yang "BACKUP" tadi kita turun ke bawah lagi ada menu "Download a MySQL Database Backup" pilih lah database situs kamu. (kalau sudah buat database banyak harus diingat yang mana database situs kamu).





5. Maka sudah lengkap data yang kamu perlukan, tinggal kamu upload ulang saja file tersebut di hosting yang baru, yang diawali tentunya dengan login di "CPANEL" kamu.

6. Kembali ke menu "BACKUP" yang tadi  atau bisa lewat "FILE MANAGER" tinggal pilih saja mau yang mana sama saja, tapi kalau saya upload datanya pakai "FILEZILLA" sih ^_^. intinya samakan saja letak filenya seperti semula.

7. Upload database kamu dengan langkah berikut.
    a. Masuk ke menu "MY SQL DATABASE"

    b. Create database mysql kamu

    c. Create Usernamenya lebih turun lagi ke bawah dari menu "create new database"
 
    d. Masuk phpMyAdmin



    d. Masuk ke nama database yang kamu buat lalu import database


8.  Satu hal penting lainnya, itu adalah menyambungkan database kamu dengan cms wordpress kamu .  Penggantiannya bisa dirubah pada script "wp-config.php" di root kamu.

9. Setelah itu? sudahlah lengkap tinggal cek home kamu dan login.



Cara berikut berdasarkan pengalaman saya sendiri, entah mungkin ada cara yang lebih mudah lainnya silahkan untuk di share juga mungkin disini karena disini tempat kita "Belajar Macem-macem" yang tentunya dapat memberi suatu nuansa postif kepada para pembacanya..
terimakasih telah menyimak semoga membantu ^_^./


No comments: