Friday, April 6, 2012

Cara Membuat Blog Offline

Hai kawan-kawan ! Apa kabar? Semoga kalian baik-baik saja. Hari berlalu begitu dan terus berganti banyak cerita yang tercatat dalam kehidupan kita setiap harinya. Terkadang ingin selalu kita simpan sebagai kenang-kenangan yang nantinya akan diceritakan kepada anak cucu kita ^_^  entah itu cerita suka atau duka.
Menulis diary adalah salah satu cara untuk mengabadikan momen tersebut. Diary yang biasanya tertulis didalam suatu buku namun kadan malas juga untuk menulisnya dan tidak bisa menambahkan foto serta video. Kini jaman telah berubah diary pun dapat dicatat secara modern dalam suatu konten yang bernama "BLOG" . Blog yang pertama kali dibuat oleh pyra lab dengan nama blogger pada tahun 1999 yang kemudian di akusisi oleh google tahun 2002 (wikipedia) . 
Namun blog tersebut harus memiliki jaringan internet/online yang sering digunakan juga untuk berbagi informasi bahkan mencari uang. Seiring berjalannya waktu kian waktu semakin banyak layanan penyedia blog dari berbagai macam vendor. Bahkan kini untuk anda yang ingin mempunyai blog yang canggih layaknya seperti di internet pun anda bisa memilikinya di komputer / laptop/ netbook anda. Lalu, bagaimanakah caranya membuat blog offline dalam komputer anda ? berikut  adalah beberapa bahan perangkat lunak yang harus anda miliki :

1. Xampp
    Xampp berfungsi sebagai server, database , dan penerjemahan bahasa PHP , PERL dalam komputer/laptop/netbook yang berisi Apache , MySql, dll. DOWNLOAD






2. CMS (Content Management System)
   CMS (Content Management System) suatu sistem perangkat lunak yang digunakan untuk mengatur/memanipulasi suatu situs sesuai keinginan anda selaku pemilik content . Berikut ini adalah CMS yang biasa dipergunakan :
     a. Wordpress
     b. Joomla
     c. Drupal
     d. Pearl
     e. dll


Untuk membuat blog tersebut yang pertama anda lakukan adalah intall XAMPP terlebih dahulu kemudian baru masukan file cms tersebut k folder "htdocs" dan install deh.


Mungkin sudah banyak yang sudah tahu tentang ini tapi saya hanya ingin berbagi informasi dengan mereka yang belum tahu, bagi kawan-kawan yang ingin berbagi juga tentang apa yang diketahui disini silahkan kontak saya ^_^ 
semoga bermanfaat terimakasih ^_^


8 comments:

Anonymous said...

mantab bro

Unknown said...

ngeposting offline.. ada gak. hahaha

ianx said...

@anon tq broo ^_^

@hilal nah bang low masalah itu bisa di liat ituh skalian di intalasi xampp sama instalasi wordpress 3.3.1 nya
makasi masukannya ^_^

Anonymous said...

mas, mau nanya kalo install wordpreesnya kok susah ya, ga bisa ?
kl XAMPP nya udh bisa

ianx said...

untuk install wordpressnya dsni mas ..
install wordpress klik

sekarang memangsudah wordpress 3.5.1 tapi sama sih ..
kalau ada yang bingung cb k facebook aj dsni mas https://www.facebook.com/IanXZonE

terimakasih :)

Anonymous said...

makasih banyak mas, tapi kalo khusus blog ada ga ya ?
Kalau wordpress offline ada, yaa seperti ini, kalau blogspot offline ada ga ?
Saya kebetulan memakai blogspot dari awal

Jariku said...

Mas...adakah instalasi mirip wordpress offline untuk blogspot?sy cari-cari, belum nemu. Yg ada, yaaa...wordpress.
Makasih Mas

ianx said...

alow Kang anon dan Kang jariku nampaknya sama yah pertanyaannya.
Untuk 'Standalone' blogspot sih tidak ada mas... tetapi jika memang mau membuat blog offilnenya tetapi mau melanjutkan konten isi blog nya akang yang sudah ada d blogspot.
Akang bisa melakukan eksport dari blogspotnya lalu melakukan import k wordpress akang yang berada di localhost akang tersebut :)