Friday, April 6, 2012

Tutorial: Cara Instalasi Wordpress 3.3.1

Hai kawan-kawan... sebelumnya kita sudah share mengenai cara membuat blog offline pada komputer/laptop/netbook yang dilanjutkan dengan instalasi XAMPP. Kini kita mencoba untuk instalasi salah satu CMS yang cukup populer dipergunakan dalam dunia web yang biasanya digunakan untuk web blog dan berita-berita yaitu CMS Wordpress yang mungkin sudah tidak asing ditelinga kalian karena wordpress memiliki fitur webblog juga disitus wordpress.com .


Baik kita mulai saja tahap demi tahap instalasi CMS wordpress ini dan ingat saya disini akan menunjukkan instalasi CMS Wordpress versi 3.3.1 yang sedikit lebih ribet dari pada versi sebelumnya tapi ya coba saja semoga ini dapat membantu ^_^  :

1. Download dulu CMS nya ^_^!
2. Pastikan control panel Xampp anda aktif
3. Extract dan copas CMS tersebut di "C:\xampp\htdocs\"
4. Rename folder tersebut sesuai dengan keinginan kalian tanpa spasi yah.. kalau bisa yang pendek saja misal "blog" jadi "C:\xampp\htdocs\blog"
5. Buka browser anda (kalau saya pakai Chrome) lalu ketik "localhost/blog(atau nama folder yang anda buat) maka akan keluar seperti ini  


6. Kalau begitu pasti anda akan tahu apa langkah selanjutnya karena tidak ada pilihan lain yaitu klik  "create a configuration file"
7. Setelah itu akan ada tampilan sebgai berikut :
    Disitu terlihat bahwa kita harus membuka file "wp-config-sample.php" yang berada di folder CMS wordpress yang telah di copy buka dengan "notepad" yang sudah ada  lebih bagus lagi pakai "notepad++"
8. Sebelum membuka file "wp-config-sample.php" kita buat dulu databasenya dengan buka tab baru pada browser anda lalu ketik "Localhost/phpmyadmin/index.php" isi lalu create.

9. Baru buka file "wp-config-sample.php" dengan notepad ganti "DB_NAME" dengan nama database yang telah dibuat di langkah 8. "DB_USER" standart "root" . lalu "DB_PASSWORD" kosong kans aja sama seperti gambar dibawah ini kemudian jangan lupa di save as dengan nama  "wp-config.php" tanpa sample. atau bisa juga sebelumnya anda copy file "wp-config-sample.php" lalu rename copy filnya dengan "wp-config.php" kemudian lakukan perubahan berikut dan jangan lupa di save :)  (update tambahan)

10. Kembali pada browser dan masukan alamat "localhost/blog" maka akan otomatis masuk ke "localhost/blog/wp-admin/install.php" dan terlihat form yang harus di isi .


Isi site tittle sebagai judul blog anda, username terserah anda itu untuk login sebagai admin kalau untuk login jangan lupa urlnya itu "localhost/blog(nama folder kamu)/wp-login.php" ,  sisanya tentu anda tahu sendirilah atau perlu juga untuk buat tentang cara posting? hehehe ^_^. ok lanjutt  langsung klik install dehhh ...


SELAMAT ANDA MEMILIKI BLOG ^_^

hehehee
Mungkin sudah banyak yang sudah tahu tentang ini tapi saya hanya ingin berbagi informasi dengan mereka yang belum tahu, bagi kawan-kawan yang ingin berbagi juga tentang apa yang diketahui disini silahkan kontak saya ^_^ 
semoga bermanfaat terimakasih ^_^

DOWNLOAD WORDPRESS DISINI 

*update ;
Kamis, 21/01/2013 : penambahan poin 9 tentang penamaan "wp-config.php" :)

9 comments:

dede maulana said...

WP config nya di save dimana gan ?
di notepad ?

ianx said...

yah gan.. langsung aja pencet "ctr+s" begitu selese di gantinya

ianx said...

dan rename aja gan yang tadinya file namanya "wp-config-sample.php" jadi "wp-config.php" aja mv lp blom sy tambahkan deh tar . thx gan komennya. ^_^

Anonymous said...

kalo blog offline ada ga ?
Ini kan khuhsus wordpress ...

elia sebastian said...

gan bantu gan, ini bahasa belanda, gani ke english gmn gan ?

ianx said...

@anon mas anon .. yah ini kan kita cb buat offline.. di posting sebelumnya yang disini itu untuk persiapan membuat blog offline dengan localhost menggunakan xampp. dan CMS wordpress ini salah satu CMS yang biasa digunakan untuk membaut blog kan? :)

@elia mbak elia wah belanda? standar saya instal langsung inggris sih. cb downlaod dari link saya diatas saja.. mbak.. lalu cb install

Anonymous said...

mas, itu file wp-config-sample.php notepad nya didapet dari file file wordpress yang kita rename tadi (blog) ??

Udah saya coba, dan ga bisa mas di tahap 10, dan error

Anonymous said...

Sorry, I need a wp-config-sample.php file to work from. Please re-upload this file from your WordPress installation.
Kaya gitu mas tulisanya

ianx said...

@anon oh iy y mas, maap nanti sy tambahkan diatas. yang sekarang tuh gak rename, jadi s file wp-config-sample.php itu di "copy" dahulu lalu rename... setelah itu baru isinya db_name , db_user db_password nya di rubah sesuai yang kita buat .. save semoga berhasil mas :) kalau masih kurang jelas silahkan tanyakan maf kalau aga lama balasnya. sekarang wordpress sudah update di versi 3.5.1