Wednesday, October 8, 2014

Cara Login SSH via Terminal di Linux


Kini saya sedang sesuatu baru dengan OS besutan Linus Torvalds ya betul OS Linux, saya mencoba mendownload beberapa distro variasi dari linux. Jenis Linux begitu banyak karena dikembangkan secara Open Source sehingga orang bebas berkreasi. Kini saya coba menggunakan Pinguy OS . Baik kita mulai saja untuk mengetahui cara login SSH via Terminal di Linux .

Ketika saya berada pada sistem operasiatau OS Windows begitu banyak aplikasi untuk melakukan login SSH seperti Putty, Bitvise, dll yang ada juga modifikasi kreasi orang Indonesia serta ada login ssh via ekstensi sebuah browser . Saat saya berada pada OS linux saya tidak perlu install aplikasi tambahan karena kita bisa langsung menggunakan terminal pada linux.

Berikut step by step login ssh via terminal di Linux dan penjelasannya :

1. Buka Terminal 
2. Ketik Perintah sederhana untuk masuk terminal :

"ssh namahost"
atau
"ssh ip"


Perintah di atas dilakukan bila username pada PC/Laptop anda sama dengan username pada server anda. Namahost diganti nama server Anda bila bingung cukup dengan ip address server Anda.
contoh :

"ssh 127.0.0.0"

Bila ingin lebih user yang spesifik lakukan perintah berikut :

"ssh user@hotsname"

atau

"ssh user@ip"

Perintah user itu berisi nama user yang ingin kalian pakai untuk login yang tentunya adalah user aktif pada server anda tersebut. Contoh penggunaan perintah login ssh pada terminal dengan spesifik user seperti berikut :

"ssh root@127.0.0.0"

bila anda gunakan user root

"ssh ianx@127.0.0.0"

bila Anda gunakan user ianx

3. Anda sudah terhubung Login SSH dengan perintah terminal di Linux tinggal masukan password saja. Mudah bukan?



Baik cukup Sekian dari saya semoga tutorial ini dapat memberikan pencerahan bagi rekan-rekan netizen dimanapun berada .





No comments: