Sunday, November 2, 2014

Tutorial : Cara Install MongoDB di Ubuntu 12.04 - 64Bit

Kembali lagi kawan-kawan semuanya beberapa posting lalu sempat posting mengenai Tutorial pembuatan server sendiri di VPS tanpa control panel . Kini untuk melengkapi ilmu kita semua ada sesuatu yang tak biasa. Sesuatu biasa dalam web server yaitu yang memang biasanya sudah terinstall dalam OS server tersebut ialah service apache dan mysql sebagai database lalu apa yang tak biasa ? Hal yang tak biasa ialah hal yang diluar dari bawaan OS Server tersebut. Seperti bila ingin web dengna kekuatan handla dengan scalabilty menggunakan database mongoDB . Pada tutorial kali ini saya ingin memberikan contoh Step by step instalasi MongoDB pada OS Linux UBuntu 64Bit.

Keterangan  :
OS : Ubuntu Server  12.04 - 64 Bit
Ram : 754 Mb



1. Import kunci publik yang digunakan oleh sistem manajemen paket pada Ubuntu. 
   Gunakan perintah berikut

sudo apt-key adv --keyserver hkp://keyserver.ubuntu.com:80 --recv 7F0CEB10


2. Membuat daftar file mongoDB
Buat daftar file pada lokasi  /etc/apt/sources.list.d/mongodb.list dengan menggunakan perintah berikut :

echo 'deb http://downloads-distro.mongodb.org/repo/ubuntu-upstart dist 10gen' | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/mongodb.list


3, Reload database paket instalasi lokal.
Setelah menbuat daftar instalasi mongoDB pada OS kita kemudian melakukan reload database paket instalasi lokal dengan perintah :

sudo apt-get update

4. Install Paket MongoDB.
Setelah melakukan beberapa ritual sebagai pra syarat instalasi MongoDB pada OS Ubuntu tersebut kini saatnya kita lakukan perintah akhir yang begitu sederhana yaitu :

sudo apt-get install -y mongodb-org

paket yang terinstall dengan perintah diatas adalah otomatis melakukan install MongoDB dengan versi terbaru yang stabil.


yah sudah sekarang anda sudah berhasil melakukan install MongoDB pada OS Ubuntu Serrver 12.04 64 Bit meski untuk 32 bit juga serupa sih dengan command tadi akan otomatis menyesuaikan atau jika tidak yakin kamu bisa download sendiri di situs resmi mongodb.

Terimakasih kawan-kawan sudah membaca blog saya semoga dapat membantu mempermudah dengan tutorial berbahasa Indonesia saya :)






No comments: