Wednesday, January 1, 2014

Cara Membersihkan Cache pada Mozilla Firefox Versi 3.6.7

Pernah mengalami ketika masuk suatu halaman situs yang harusnya kontennya berubah / update tapi selalu menampilkan halaman yang sama berulang-ulang?. Hal tersebut itu bisa terjadi karena adanya cache yang tersimpan dalam browser yang membuat halaman tersebut tidak terupdate. Apa itu cache? Cache itu file sementara yang disimpan oleh browser untuk mempercepat terbukanya suatu halaman ketika dibuka ulang namun, terkadang itu menjadi masalah tersendiri ketika kita akan melakukan editing terhadap situs tersebut untuk itu saya akan memberikan contoh cara melakukan pembersihan cache .


Pembersihan cache yang akan saya berikan contohnya adalah pada browser Mozilla Firefox Vdersi 3.6.7 mungkin untuk versi 3.x.x yang lainnya juga sama kecuali versi Mozilla Firefox diatasnya itu sudah berbeda tampilan.





Diatas adalah gambar screenshoot Mozilla Firefoxnya langsung sudah saya berikan angka-angka sebagai urutan. Berikut penjelasannya :

1. Klik Tombol "TOOLS" lalu pilih "OPTION"
2. Pilih "Advanced"
3. Pilih "Network" akan terlihat beberapa menu dan terlihat sudah 'Offline Storage' itulah Cache
4. Tak perlu banyak gerakan lagi langsung pilih "Clear Now"

Beres deh bersih sudah data cache anda semoga dapat membantu dan masalah halaman anda tidak berubah akibat cache teratasi ^_^

*note kadang juga masalah dengan dns nanti coba saja flush dns melalui CMD 



No comments: