Saturday, September 13, 2014

Penyebab dan Cara Mengatasi Error 32700 Pada Jet Pack CMS Wordpress (XML_RPC)

Beberapa waktu lalu saya tengah mengalama sebuah kendala dimana mengalami error ketika mau update Wordpress 3.9.2 ke Wordpress 4.0 . Ketika itu tentu saya memiliki antisipasi dimana saya melakukan backup data keseluruhan baik database dan core dari CMS Wordpress tersebut. Betul ternyata ada plugin yang tidak sesuai namun saya salah mengira ketika pikir plugin tersebut bentrok dengan jetpack karena beberapa plugin ada yang bentrok dengan jetpack ternyata versi pluginnya saja yang tidak sesuai. Saya terlanjur mematikan jetpack otomatis ketika saya menghidupkan kembali jetpack saya harus mengkoneksikan juga akun saya dengan jetpack. Ketika saya melakukan koneksi ulang terjadilah ERROR 32700 pada JETPACK yang merujuk pada file XMLRPC.PHP .


Error yang terjadi buat saya sempat bingung namun apalah gunanya teknologi kalau tidak digunakan :D akhirnya saya coba mencari ternyata penyebabnya itu pada cache. saya akan coba urutkan beberapa kemungkinan yang terjadi PENYEBAB ERROR 32700 XMLRPC  :


  1. Plugin Cache
  2. Setting Cache Server


2 Kemungkinan tersebut yang dapat menjadi penyebab terjadinya ERROR 32700 yang pada intinya sih terjadinya Caching pada file XMLRPC.PHP sehingga itu membuat blunder atau membuat file tersebut seperti terkunci (menurut saya sih :D hehehe ) . File tersebut mesti dinamis karena digunakan untuk menghubungkan berbagai macam API diluar sana.


Cara Mengatasinya (ERROR 32700 JETPACK WORDPRESS XMLRPC) :

- Lakukan pengecualian cache pada file XMLRPC.PHP
- Jika menggunakan varnish (dalam kasus ini saya menggunakan VARNISH CACHE sebagai media Cache )
Tambahkan Script Berikut Pada file setting Varnish Cache :


# Don't cache backend if (req.url ~ "xmlrpc.php|wp-(login|admin|comments-post.php|cron.php)") { return (pass); }



Script diatas juga sudah termasuk pada beberapa pengecualian file backend CMS wordpress lainnya yang seharusnya terbuka tanpa cache.
Terimakasih teman-teman telah menyimak hanya sekedar berbagi pengalaman saja semoga membantu teman-teman karena kalian lebih senior ditunggu sharing masukan dan infonya terkait postngan ini .

No comments: